Punya Kantor Nyebelin? Simak 5 Tips Ini Agar Bisa Survive

Bekerja di lingkungan ideal tentu jadi cita-cita semua orang. Namun jika kamu apes dapat kantor yang nyebelin, aturan kurang jelas, dengan banyak rekan toxic, jangan buru-buru menyesal atau resign ya. Ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan agar terus survive. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Pilih Teman yang Tepat

Lingkungan kerja buruk biasanya diakibatkan satu atau beberapa individu yang kerap memancing perselisihan. Sebisa mungkin berusahalah menghindari dari orang-orang seperti ini. Mereka bakal menebarkan aura negatif yang bisa bikin kamu tak produktif atau bahkan sulit berkembang.

Namun demikian, bukan berarti kamu harus menutup total pintu pergaulan ya. Bahkan jika memungkinkan, carilah teman atau rekan yang bisa menjadi support system.
Temukan sosok terpercaya untuk jadi tempatmu berbagai segala keluh kesah dan cerita dengan lebih produktif.

2. Membuat dokumentasi

Kantor menyebalkan umumnya memiliki atasan yang hobi menggonta-ganti instruksi. Ketika kemudian dikonfirmasi, mereka akan mengelak dengan seribu satu alasan. Alhasil, karyawan jadi pusing tujuh keliling menghadapi sang bos.

Untuk menghindari hal-hal tak mengenakkan dari situasi semacam ini, mulailah membuat catatan atas semua interaksi. Ketika atasan memberikan perintah, catat dengan rinci, jika perlu rekam. Dengan demikian ketika ada hal-hal yang tidak sesuai kamu sudah punya bukti otentik sebagai bahan argumen.

3. Meningkatkan Skill

Berpindah kerja terlalu sering memang tidak bagus, namun terus bertahan di kantor toxic juga bukan langkah cerdas. Alih-alih hanya mengeluhkan keadaan, ada baiknya kamu mulai belajar berbenah. Lakukan hal-hal produktif yang bisa meningkatkan nilai diri.

Tak hanya berguna untuk menambah kemampuan dan wawasan, hal ini juga penting sebagai modal mempersiapkan diri di tempat kerja berikutnya. Tapi ingat, jangan sampai hal ini mengganggu fokusmu saat berada di kantor ya.

4. Memilih Sudut Pandang

Semua hal pasti ada sisi positif dan negatifnya. Jika kamu merasa tempatmu bekerja penuh orang-orang toxic atau memiliki lingkungan buruk, cobalah sedikit mengubah sudut pandang. Lihat semuanya dari sisi positif. Anggap semuanya sebagai tantangan untuk memperbaiki kualitas diri.

Sebelum buru-buru mengeluarkan reaksi negatif, cobalah menarik nafas panjang. Jeda beberapa saat akan membuat pikiran lebih tenang. Setelah itu cobalah fokus pada hal-hal positif di depan mata.

5. Perbaiki Suasana

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk bertahan di tengah lingkungan kantor buruk adalah memperbaiki suasana workspace. Jika memang dirasa perlu, berikanlah sentuhan personal pada bilik atau ruang kerja. Hal ini akan menimbulkan rasa kepemilikan yang bakal membuat kamu lebih tenang.

Itulah beberapa tips penting untuk survive di tengah lingkungan kantor menyebalkan. Ingat, selalu jadikan resign sebagai opsi terakhir dan jangan lupa membuat batasan jelas antara kepentingan diri sendiri dan pekerjaan.

0 comments on “Punya Kantor Nyebelin? Simak 5 Tips Ini Agar Bisa SurviveAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *