Biar Tak Dikira Gaptek, Pegawai Kantoran Harus Bisa Enam Aplikasi Ini

Seiring berkembangnya teknologi informasi, sistem kerja kantor perlahan makin bergerak ke arah digital. Mau tak mau, para pekerja juga harus menyesuaikan dengan tren tersebut. Nah, jika enggan disebut gaptek alias gagap teknologi, setidaknya ada lima aplikasi yang wajib dikuasai. Yuk simak ulasannya berikut ini. 

  1. Desain Grafis

Meski bukan desainer, kamu juga wajib lho menguasai aplikasi desain. Software seperti Photoshop dan Adobe Illustrator bakal berguna untuk mengedit gambar atau foto, terutama untuk kebutuhan publikasi maupun kegiatan kantor. Berguna juga ketika kamu ingin membuat CV dengan tampilan menarik. 

Jika bingung memulai, kamu bisa coba belajar pada desainer kantor. Mintalah waktu khusus untuk les privat di sela-sela pekerjaan. Pastikan agar jangan sampai mengganggu fokus dan tugas masing-masing. 

  1. Editing Video

Sama seperti software desain grafis, skill edit video juga bisa kamu gunakan untuk membantu publikasi maupun dokumentasi kantor. Dengan demikian kamu bakal punya nilai unggul dibanding karyawan lain, sekaligus membangun citra sebagai sosok pegawai yang bisa diandalkan. 

Software editing sendiri banyak macamnya. Kamu bisa belajar dari yang basic seperti Movie Maker dan After Effect. Pelajari dulu prinsip-prinsip dalam mengedit video. Mulailah dengan menyunting video dokumentasi pribadi sebagai project awal. 

  1. Task Management App

Apa kamu masih sering menempelkan sticky note di tembok untuk menulis tugas-tugas yang harus diselesaikan? Di zaman digital sekarang, kamu sudah bisa melakukannya dengan aplikasi task management seperti Trello, Asana, Monday.com dan masih banyak lagi.

Jika kamu handal mengoperasikan aplikasi-aplikasi ini, kinerjamu akan lebih praktis dan terarah serta dapat ditelusuri progresnya. Laporan untuk atasanmu juga jadi lebih mudah dan rapih.

  1. Cloud Storage

Data-data sensitif yang berkaitan dengan urusan kantor sebaiknya tak disimpan di hard drive internal. Jika laptop atau PC bermasalah, kemungkinan terburuk semuanya takkan bisa di-recovery. Untuk mengatasi ini, kamu harus menguasai software maupun aplikasi cloud storage. 

Dengan cloud storage, semua file penting bisa disimpan di server khusus dan bisa diakses dari mana pun. Selain lebih praktis, tentu saja juga relatif lebih aman. Kamu bisa mencoba layanan cloud gratis dari Google Drive sebagai langkah awal. 

  1. Chatting

Yap, kamu juga harus punya kemampuan khusus untuk menguasai aplikasi chatting. Pasalnya, masing-masing kantor biasanya punya cara sendiri terkait komunikasi antar staf. Ada yang memilih menggunakan Whatsapp, LINE, Telegram, bahkan Slack. 

Mulai sekarang, tak ada salahnya mengunduh banyak aplikasi chat sekaligus. Pelajari dulu tampilan dan fungsi yang ditawarkan. Dengan demikian, kamu akan lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Itulah beberapa aplikasi dan software yang wajib kamu kuasai sebagai pegawai kantoran. Semuanya bakal makin memudahkan pekerjaanmu sehari-hari. Jika berniat pindah kantor, kemampuan ini tentunya akan jadi nilai plus dalam CV. 

0 comments on “Biar Tak Dikira Gaptek, Pegawai Kantoran Harus Bisa Enam Aplikasi IniAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *