Empat Tips Agar Kerjamu di Kantor Makin Produktif

Merasa kurang produktif saat bekerja di kantor? Well, tak perlu merasa kecil hati karena banyak pekerja kantoran mengalami hal serupa. Kamu hanya perlu mengubah beberapa hal kecil saja lho, untuk bikin kinerjamu makin efisien. Apa saja? Yuk, simak sejumlah tips berikut ini. 

 

  1. Atur Meja Kerja

Sebelum melakukan hal lainnya, luangkanlah waktu di awal hari untuk menata ulang meja kerjamu. Menghindari lingkungan yang semrawut akan membantu kamu untuk berpikir lebih jernih dan menghasilkan ide-ide segar nan cemerlang. Dengan mengatur secara seksama working space-mu, produktivitas otomatis akan meningkat dan sekaligus mengurangi waktu yang terbuang untuk mencari barang maupun dokumen penting. 

  1. Beri Sentuhan Warna

Corak warna bisa berikan imbas positif pada mood dan produktivitas dalam sehari. Penggunaan warna tertentu bakal mempengaruhi cara berpikir serta atmosfer di tempat kerja. Contohnya saja, warna biru makan menciptakan aura ketenangan dan membantu kamu lebih fokus. Sementara itu merah bagus untuk kantor yang membutuhkan akurasi tinggi dan perhatian lebih pada detail. 

Kehadiran tumbuhan juga bisa membantu meningkatkan fokus. Menurut penelitian dari Washington State University, pekerja yang berada di kantor tertutup dengan tanaman di sekitarnya bakal merasa lebih tenang, produktif, dan bergairah. 

  1. Tentukan Prioritas

Fokuslah pada tugas yang paling penting terlebih dahulu. Prioritaskan mana yang harus diselesaikan segera dan mana yang bisa menunggu. Jika memungkinkan, delegasikan sejumlah tugas pada kolega atau anak buah. Dengan demikian, waktumu bisa tercurah pada hal-hal yang lebih bernilai untuk perusahaan. 

  1. Break Singkat

Bekerja terus-menerus bisa jadi sangat menjemukan. Sesekali tak ada salahnya rehat sejenak dengan membaca majalah, nongkrong di kedai kopi terdekat, atau lakukan aktivitas lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Ingat, produktivitasmu bakal semakin menurun, seiring lamanya kamu bekerja tanpa henti. 

Inilah mengapa banyak studi merekomendasikan seseorang untuk tidak bekerja lebih dari delapan atau 10 jam per hari. Pada titik tertentu pikiran dan tubuh akan benar-benar tidak produktif. Oleh karena itu, penting sekali untuk tahu kapan waktunya beristirahat. 

  1. Cari Suasana Baru

Jika memang kantor memperbolehkan, tak ada salahnya mencari suasana baru dengan bekerja di lingkungan yang benar-benar berbeda. Perubahan semacam bakal ampuh meningkatkan produktivitas. Kamu bisa coba mampir ke perpustakaan terdekat, co-working space, atau jika cuaca memungkinkan, bekerja sambil nikmati atmosfer taman. Hal ini akan merangsang kerja otak dengan lebih baik, sehingga memungkinkan kamu untuk mendapatkan ide-ide baru. 

 

Itulah beberapa tips ampuh untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan di kantor. Buat kamu yang sudah mulai merasa burn out atau mentok, sederet cara di atas boleh banget dicoba. Berawal dari hal-hal sederhana, rasakan bagaimana kamu bisa bekerja lebih efektif dari sebelumnya.

0 comments on “Empat Tips Agar Kerjamu di Kantor Makin ProduktifAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *