Hari Pertama di Kantor Baru? Ini Lima Trik Ampuh Bergaul dengan Rekan Anyar

Hari pertama kerja pastinya bikin deg-degan. Pikiran tentu sudah dipenuhi bayangan macam-macam, termasuk soal menghadapi rekan kerja anyar. Tapi tenang, ada beberapa trik ampuh agar kamu bisa langsung klik dengan teman kantor baru. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

  1. Selalu Aktif

Lakukan yang terbaik sejak hari pertama. Tunjukkan kinerja paling maksimal, selama masa percobaan hingga akhirnya diangkat menjadi pegawai tetap. Bangunlah citra sebagai sosok yang bisa diandalkan. Jika melihat ada rekan kerja kesulitan, jangan segan untuk menawarkan bantuan.

Status pegawai baru bukan berarti ada toleransi lebih untuk kesalahan lho. Jika kamu mampu membuktikan kemampuan terbaik sejak hari pertama, hal tersebut tentu jadi nilai plus di mata atasan dan rekan kerja. 

  1. Bersikap Positif

Cobalah untuk bersikap positif di hari pertama kerja. Sebisa mungkin hindari penolakan atau reaksi negatif. Jika ada rekan kerja yang ingin mengobrol, berikan tanggapan tulus. Jangan lupa untuk selalu mengumbar senyum dan bersikap ramah pada semua orang. 

Namun ingat, jangan sampai kebablasan ya. Di hari-hari berikutnya, kamu sudah boleh menyesuaikan diri. Jangan sampai terus mengatakan ya untuk semua hal. Bisa jadi nanti kamu malah dimanfaatkan untuk menuntaskan pekerjaan orang lain atau hal-hal negatif lainnya. 

  1. Jarang Absen

Selain sisi teknis, kemampuan bergaul adalah salah satu faktor kunci meraih kesuksesan di tempat kerja. Ampuh juga untuk memperluas jaringan. Oleh karena itu, jangan membatasi diri dengan hanya berkomunikasi pada orang-orang di divisi yang sama. 

Sebagai anak baru, usahakan untuk berpartisipasi dalam semua acara maupun kegiatan yang diadakan kantor. Hadiri setiap acara kumpul-kumpul, pertemuan non-formal, atau aktivitas lainnya. Jika memang tidak sedang berhalangan, upayakan untuk selalu hadir. 

  1. Tak Perlu Sungkan Bertanya

Anak baru biasanya sangat penasaran untuk mengetahui seluk beluk kantor. Jika kamu mengalami hal serupa, jangan sungkan bertanya pada para senior. Kamu juga bisa manfaatkan ini untuk membuka topik obrolan dengan rekan kerja anyar. 

Di sini kamu akan sekaligus belajar sedikit demi sedikit soal budaya kerja di tempat kerja baru. Tak perlu malu bertanya hal-hal sepele seperti jam makan siang, jatah cuti, absen, atau lainnya. 

  1. Menyapa Semua Orang

Pegawai anyar biasanya akan diajak keliling kantor sekaligus berkenalan dengan staff lain. Tenang saja, kamu tak perlu langsung bisa menghafal nama mereka semua. Cukup tebarkan senyum dan berikan sapaan hangat. 

Jika ada yang ingin ditanyakan, langsung sampaikan pada bos atau supervisor yang mendampingimu saat berkeliling. Setidaknya kamu tidak terlalu kaget dengan lingkungan dan suasana kerja di kantor anyar. 

Itulah beberapa trik ampuh untuk bergaul di hari pertama bekerja. Jadi, tidak perlu deg-degan lagi ya menyambut saat-saat perdana di kantor baru. Pastikan untuk terus memupuk rasa percaya diri, agar kamu cepat beradaptasi di lingkungan anyar.

0 comments on “Hari Pertama di Kantor Baru? Ini Lima Trik Ampuh Bergaul dengan Rekan AnyarAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *